Golok Ciomas, Golok Keramat

Golok Ciomas

Golok Ciomas adalah golok legendaris dari Banten yang konon memiliki banyak kesaktian dan keistimewaan.
Pendekar Banten atau Jawara Banten identik dengan Golok, dan Golok yang paling ampuh adalah Golok Ciomas.

golok ciomas

Asal Usul Sejarah Golok Ciomas

Dalam Bahasa Indonesia Golok diartikan sebagai benda sejenis parang, atau sejenis pedang yang berukuran pendek, pada masyrakat Banten dikenal dua jenis benda model tersebut yaitu Golok dan Bedog.

Bedog adalah peralatan yangpenting dalam keperluan sehari – hari seperti untuk memangkas pohon, menebang bambu, keperluan dapur dan lain-lain. Ada juga sejenis bedog yang bentuknya agak berbeda dengan bedog atau golok dimana bagian ujungnya melengkung ke bawah dandisebut congkrang atau arit. Fungsinya lebih banyak digunakan untuk menyabit rumput atau keperluan di kebun lainnya.

Golok Adalah senjata yang difungsikan untuk membela diri, atau dalam keadaan darurat, golok biasanya dimiliki oleh para Pendekar Banten atau Jawara Banten dengan pakaian yang serba hitam dan tersepip golok di bajunya.

Nama “golok ciomas” diambil dari wilayah bernama “Ciomas” yang merupakan asal pembuatan golok. Ciomas merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Serang, terletak ke arah barat Kota Serang. Sangat mudah untuk menjangkau Ciomas. Dari Kota Serang banyak akutan kota yang langsung ke Ciomas. Jika Anda melihat angkot berwana kuning di Kota Serang, maka itu bisa membawa Anda ke Ciomas.

Popularitas Golok Ciomas muncul karena banyak hal, dan terkenal karena keistimewaannya dari segi fungsi dengan ketajamannya yang luar biasa. Konon, karena dibuat secara khusus, kulit yang terluka oleh Golok Ciomas sedikit saja sukar sembuh bahkan dapat membusuk dan menyebabkan kematian. Seolah golok itu memiliki racun yang maha dahsyat hasil karya seorang empu yang sakti.

Selain itu Golok Ciomas juga diyakini memiliki nilai mistis dimana proses pembuatannya di masa silam melalui tahap – tahap ritual yang hingga sekarang masih terus terjaga sama halnya dengan keris di Jawa. Banyak yang mempercayai bahwa Golok Ciomas sangat ampuh untuk “menaklukkan” musuh, yang pengertiannya adalah musuh bisa “ditaklukkan” tanpa harus mengeluarkan golok dari sarangka-nya dan keyakinan itu berkembang luas di masyarakat, adapun kebenarannya, hanya Allah yang tahu.

Keistimewaan Golok Ciomas

Golok Ciomas bukan sembarang golok. Sebelum penempaan, terlebih dahulu dilakukan selama 12 hari yang dimulai dari tanggal 1 hingga tanggal 12 bulan mulud. Konon pembuatannya dimulai dari penyambutan Maulid dan dilanjutkan dengan pengambilan air sepuh yang diambil dari sembilan mata air yang ada di wilayah sekitar desa Pondok Kaharu. Inilah salah satu yang membedakan Golok Ciomas dan golok lainnya, selain keindahan bentuk dan tulisan-tulisan yang ada padanya .

Tepat pada tanggal 12 muludl penempaan Golok Ciomas mulai dilakukan. Golok ciomas ditempa bukan dengan sembarang godam namun menggunakan godam Ki Denok. Godam Ki denok diyakini sebagai warisan dari Ki Cenguk, leluhur pertama yang membuat Golok Ciomas pada masa kerajaan Islam di Banten. Ki Denok yang kini telah berusia ratusan tahun dipercaya merupakan hadiah dari Sultan Banten.
Golok ciomas dibuat di tempai pandai Ki Sidik Santani, di kampung Cibopong, desa Citaman, sebuah kampung pemekaran di desa Pondok Kaharu. Ki sidik ialah salah satu pandai Golok Ciomas yang gigih mempertahankan tradisi pembuatan golok ciomas.

Konon luka bekas sabetan golok ciomas susah untuk sembuh.

Salah satu keistimewaan golok ciomas yang bisa berdiri Credit image sindonews.com